Keunggulan
A. Dosen yang Profesional
STAI “MA’HAD ALY AL-HIKAM” MALANG memiliki Dosen-dosen yang memiliki integritas tinggi, jujur, dan melakukan sesuatu dengan benar. Tenaga pengajar kami adalah Dosen yang telah lulus dan memiliki sertifikat pendidik yang didapat melalui program sertifikasi yang diawali sejak tahun 2008. Dosen yang memperoleh sertifikat disebut dosen profesional (di bidangnya).
Dosen kami merupakan pendidik yang memiliki beberapa kriteria prinsip di antaranya sebagai berikut:
- Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme;
- Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia;
- Memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas;
- Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas;
- Memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan;
- Memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja;
- Memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat;
- Memiliki jaminan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas keprofesionalan;
Kompetensi di bidang pengajaran dapat dilihat dari metode, bahan, dan proses pengajaran di dalam kelas. Kompetensi dalam penelitian dapat dipantau dari kualitas penelitian dan publikasi ilmiah dalam jurnal bereputasi. Kompetensi dalam pengabdian kepada masyarakat diukur dari, antara lain, peran dosen dalam praksis pembangunan, terutama di sektor publik. Mengabdi ditandai bukan dengan sejumlah gelar yang diperoleh, tetapi seberapa peduli seorang dosen memberi alternatif solusi atas permasalahan masyarakat di sekitarnya.
B. Kurikulum
Kegiatan belajar mengajar di Pesantren Luhur (Mahad Aly) Al Hikam Malang dirancang untuk ditempuh selama empat tahun yang terbagi dalam delapan semester. Secara umum dapat dijelaskan bahwa dalam kurun waktu delapan semester tersebut santri Mahad Aly akan dibekali ilmu dalam tiga kelompok keilmuan, yakni kelompok bahasa yang meliputi Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris dengan bobot kredit sebanyak 66 SKS (45,8%), kelompok metodologi berpikir sebanyak 26 SKS (18%), kelompok strategi dakwah dan pendidikan pesantren sebanyak 18 SKS (12,5%), kelompok wawasan ilmu keislaman tradisional dan kontemporer sebanyak 30 SKS (20,8%), dan tugas akhir sebanyak 4 SKS (2,7%). Dengan demikian, total kredit yang akan ditempuh adalah sebanyak 144 SKS.
Secara garis besar, kurikulum Pesantren Luhur Al Hikam dibagi menjadi dua bagian yang merupakan satu kesatuan integral, yakni: Intra-curricular dan Extra-curricular.
- Intra-Curricular
Intra-curricular adalah kegiatan-kegiatan yang dirancang sehubungan dengan target-target capaian tujuan instruksional. Kegiatan ini dihitung berdasarkan bobot dirasah yang bersangkutan, yakni 2 sks mata dirasah sama dengan 120 menit tatap muka, 120 menit tugas terstruktur, 120 menit tugas mandiri. Kegiatan intra-curricular ini menjadi tanggung jawab dari masing-masing pengajar mata dirasah dibantu asistennya (kalau ada). Meskipun demikian, mengingat terbatasnya waktu yang tersedia, kegiatan pengerjaan tugas terstruktur dan tugas mandiri santri Pesantren Luhur akan dilakukan secara integratif. Kegiatan intra-curricular ini akan dilaksanakan secara demokratis, aktual, kontekstual, dan lebih mengutamakan penggunaan authentic materials. Artinya, kegiatan belajar mengajar akan sangat mengedepankan partisipasi aktif atas pemabahasan masalah-masalah sosial-aktual sesuai konteks permasalahan yang ada. Meskipun demikian, design belajar-mengajar ini tetap dalam batas-batas kesopanan dan kepantasan kebebasan mimbar akademik.
- Extra-curricular
Extra-curricular adalah kegiatan-kegiatan yang sengaja dirancang di luar kegiatan-kegiatan yang dialokasikan untuk kegiatan-kegiatan intra-curricular. Kegiatan ini antara lain berupa: kegiatan olah raga, muhadharah, English Conversation, penyelesaian tugas-tugas, pengayaan wawasan melalui kajian-kajian literatur di perpustakaan, kegiatan-kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan juga kegiatan rutin berupa kuliah tamu yang diselenggarakan setiap dua minggu. Dalam kegiatan extra-curricular ini para santri akan didampingi musaid dan peer-tutors yang dalam kesehariannya akan senantiasa mendampingi para santri dan tinggal bersama mereka di kamar-kamar para santri. Mengingat para musaid dan peer-tutors ini nantinya berfungsi sebagai pendamping sekaligus teman diskusi para santri (counter-part) terutama dalam melatih kebiasaan muhadatsah dan speaking-nya, serta metodologi berfikir. Untuk memberikan kesempatan yang luas kepada santri untuk berlatih maka komposisi ideal antara musaid/peer-tutors dengan santri adalah 1:10.
C. Program Pendidikan
STAI “MAHAD ALY AL-HIKAM” MALANG selalu berusaha untuk memberikan layanan terbaik pada masyarakat terutama mahasiswa kami, dengan fasilitas dan program-program pendidikan yang terus kami tingkatkan.
Diantara program dan layanan yang kami berikan adalah:
- Sistem asrama atau boarding school. Kami memberikan fasilitas bagi mahasiswa yang ingin tinggl di asrama, dengan program-program yang telah kami jadwalkan dan kami jalankan. Dalam lingkungan asrama mahasiswa dalam bimbingan kami selama 24 jam, kami memberikan control dan pendampingan secara penuh pada mahasiswa yang tinggal di asrama. Selain kelebihan di atas, kami juga memberikan fasilitas bimbingan bagi mahasiswa yang memiliki kendala dalam belajar secara mandiri maupun kelompok. Dalam kegiatan bimbingan yang kami laksanakan adalah memberikan arahan kepada mahasiswa yang mendapatkan kendala dalam proses pembelajaran. Selain itu kami memberikan bimbingan secara kelompok, mereka yang mendapatkan kesulitan belajar bisa membentuk kelompok dan saling berdiskusi dalam bimbingan kami untuk menyelesaikan permasalah yang mereka temui.
- Kami memiliki beberapa program dalam lembaga kami. Diantaranya adalah program regular, dengan mengambil input mahasiswa dari pesantren salaf, mereka sudah memiliki bekal dan skil dalam membaca tulisan arab gundul (tanpa harakat dan mana). untuk program ini kami program agar bekal yang sudah dimiliki sebelumnya bisa berkolaborasi dengan keilmuan yang berbasis ilmu-ilmu ilmiah moderen. Kami memberikan bekal metodologi ilmiah kepada mahasiswa kami agar dapat digunakan sebagai alat untuk pengembangan keilmuan mereka dengan metodologi kajian ilmiah modern.
- Kami membuka program bagi guru-guru madrasah diniah yang belum memiliki gelar Sarjana Strata 1 (S1) dengan kemudahan beasiswa dan bersubsidi. Untuk yang program guru madrasah diniah program beasiswa ditentukan dengan sarat-sarat yang harus terpenuhi sebagai standar kualifikasi penerima beasiswa. Sedangkan untuk program subsidi kami memberikan bantuan biaya kepada mahasiswa program subsidi, sehingga akan mengurangi beban pembayaran mahasiswa.