WAKTU SAHUR

By admin 30 Apr 2020, 12:21:59 WIB Artikel Ilmiah
WAKTU SAHUR

Ngaji Ramadhan 8

WAKTU SAHUR

Syamsul Arifin

Mahasiswa Pascasarjana STAIMA Al-Hikam Malang

 

 

Sering kita jumpai di masyarakat yang melakukan makan sahur sebelum tengah malam atau mereka makan sebelum tidur. Di antara alasan mereka menyegerakan sahur sebelum tengah malam hawatir tidak bangun sahur atau alasan malas bangun saat sahur.

 

Apakah makan sahur sebelum tengah malam itu mendapat kesunnahan? Atau dikatakan sahur? Jika kita lihat ibarot-ibaroh dalam kitab-kitab klasik Madzhab Syafi'i misalkan Syarh Muhaddzab, Qolyubi wa Umairah, I'anah al-Thalibin maka tidak mendapat kesunnahan dan tidak dikatakan sahur, kita lihat ibarot I'anah berikut:

 

والحاصل أن السحور يدخل وقته بنصف الليل، فالأكل قبله ليس بسحور، فلا يحصل به السنة، والأفضل تأخيره إلى قرب الفجر بقدر ما يسع قراءة خمسين آية.

 

Artinya: "(kesimpulan), bahwa masuknya waktu sahur adalah setelah tengah malam, adapun makan sebelum tengah malam tidak dinamakan sahur, dan tidak mendapat kesunnahan. Adapun sahur yang utama adalah mengakhirkan sampai mendekati fajar (masuk waktu subuh) perkiraan lima puluh bacaan ayat al-Qur'an".

 

Dengan demikian, jika kita makan sebelum tengah malam namanya bukan sahur tapi nekos (istilah jawa). Kita biasakan menyempatkan sahur selalu terutama afdhol diakhirkan. Wallahu A'lam


Tulis Komentar

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook Anda