SYUKUR DISAAT PANDEMI

By admin 12 Apr 2021, 21:37:59 WIB Artikel Dosen
SYUKUR DISAAT PANDEMI

NGAJI RAMADHAN 1:

SYUKUR DISAAT PANDEMI

Dr. Rahmatullah, M.Pd.I

(Direktur Pascasarjana STAIMA Al-Hikam Malang)

Ketika Anda sudah membaca tulisan ini, hendaklah Anda bersyukur seraya membaca alhamdulillah, karena Anda masih diberikan kesempatan panjang umur sehingga bisa memasuki bulan Ramadhan tahun 2021 ini. Disaat pandemi covid-19 masih terus ada disekitar kita, disaat data kematian pandemi ini masih terus bertambah. Data terbaru yang penulis baca dari google per-hari ini sudah terdapat 2,94 juta orang meningga diseluruh dunia.

 

Terlepas dari itu semua, penulis ingin menyampaikan bahwa apapun kondisi dan situasi yang kita hadapi, maka kita patut bersyukur kepada Allah SWT. Program ngaji Ramadhan yang pertama ini-pun demikian, penulis sebagai penanggung jawab program akan membuka program ini dengan ucapan:

 

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi rabbil alamin.

 

Program ngaji Ramadhan yang akan dilaksanakan selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan ini secara resmi dibuka dengan kedua ayat pertama dalam al-Qur’an yang pasti sering dibaca oleh para pembaca. Sampai detik ini jika penulis membaca sebuah literatur yang ditulis oleh ilmuan, ulama, dan cendekiawan muslim serta ceramah-ceramah yang mereka sampaikan selalu saja penulis dapati kedua ayat ini dibaya yakni Bismillahirrahmanirrahim dan Alhamdulillahi rabbil alamin.

 

Merujuk kepada Tafsir Ibnu Katsir kata Bismillahirrahmanirrahim selalu dibaca oleh para sahabat ketika hendak membuka kitabullah. Meski terjadi beda pendapat apakah Bismillahirrahmanirrahim termasuk pemisah surat atau termasuk dalam surat tersebut. Terlepas dari perdebatan tersebut, Prof. Dr. AG. H. Muhammad Quraish Shihab, Lc., M.A. dalam TAFSIR AL-MISBAH menyatakan bahwa  Bismillahirrahmanirrahim adalah Pesan pertama yang disampaikan oleh Allah kepada manusia. Nabi Muhammad SAW diajari pertama kali dengan Iqra’ Bismi Rabbika.

 

 DAFTAR DAN KULIAH S2 GRATIS KLIK DISINI

 

Terdapat beberapa keutamaan membaca ayat ini, bahkan ada hadits dari Abu Hurairah yang menyatakan bahwa tidak sempurna wudhu’ seseorang yang tidak membaca nama Allah (Bismillahirrahmanirrahim). Membaca Bismillahirrahmanirrahim sangat dianjurkan dan disunnahkan ketika kita hendak memulai sesuatu, hendak makan terdapat dalam hadits shohih yang diriwayatkan oleh Umar Bin Abi Salamah. Kita hendak berhubungan suami istri juga disunnahkan membaca ayat ini. Sehingga, apakah Anda tidak penasaran maknanya Bismillahirrahmanirrahim? Silahkan Anda membaca Tafsir Al-Misbah.

 

Ayat kedua yakni Alhamdulillahi rabbil alamin. Ayat ini tidak hanya bermakna segala puji hanya bagi Allah pemelihara seluruh alam, akan tetapi lebih daripada hal tersebut. Bersyukur-pun tidak hanya diucapkan dengan lisan, akan tetapi harus terus dilatih dan ditingkatkan dengan perbuatan dan rasa cinta yang mendalam kepada Allah SWT karena segala sesuatu yang berada didunia maupun diakhirat adalah anugerah dari Allah SWT. Kata Alhamdulillah bukan hanya sekedar kata, kata ini memiliki makna yang mendalam dan hanya dikhususkan bagi Allah. Terdapat hadits yang diriwayatkan oleh Abu Isa, at-Tirmidhi, an-Nasa’i dan Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah ia berkata Rasulullah SAW bersabda sebaik-baik dzikir adalah kalimat laa ilaaha illallaah dan sebaik-baik do’a adalah Al-Hamdulillah.

 

Masihkah Anda menganggap Bismillahirrahmanirrahim dan Alhamdulillahi rabbil alamain tidak penting?

 

Mari kita mulai niat puasa kita selama satu bulan Ramadhan tahun 2021 ini dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim Alhamdulillahi rabbil alamain. Semoga Allah menerima seluruh amal baik kita dan mengampuni segala kesalahan kita, aamiin

 


Tulis Komentar

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook Anda