PUASA ANAK KECIL

By admin 06 May 2020, 14:16:26 WIB Artikel Ilmiah
PUASA ANAK KECIL

Ngaji Ramadhan 14

 

PUASA ANAK KECIL

Syamsul Arifin

Mahasiswa Pascasarjana STAIMA Al-Hikam Malang

 

 

Bagi kita yang memiliki anak kecil pastinya ingin mencoba untuk melatih anak anda untuk berpuasa apalagi pada saat datangnnya bulan ramadhan ini pastinya setiap orang tua menginginkan anaknya tumbuh untuk menjadi anak yang shalih dan shalihah, dan ketika anda masih kecil anda juga sudah mulai diajak untuk melaksanakan puasa.

 

Pera ulama' sepakat bahwa anak kecil yang belum baligh tidak diwajibkan puasa. Akan tetapi para ulama' menganjurkan agar memerintahkan anak untuk puasa penuh sehari jika mampu dalam rangka pembelajaran atau melatih (tamrin) supaya menanamkan jiwa ketaatan dalam ibadah. Kami kutip keterangan dari kitabnya Imam al-Syaukani yaitu Nail al-Awthar:

وعلى أنه يستحب أمر الصبيان بالصوم للتمرين عليه إذا أطاقوه وقد قال باستحباب ذلك جماعة من السلف منهم ابن سيرين والزهري والشافعي وغيرهم.

 

Bahwasannya dianjurkan memerintah anak kecil untuk berpuasa untuk melatihnya apabila kuat berpuasa. Dan benar-benar bekata tentang kesunnahan menyuruh puasa anak kecil golongan ulama' salaf seperti Ibnu Sirin, al-Zuhri, al-Syafi'i dan lain-lain.

 

Dapatkan subsidi hingga 100juta: https://pasca.staima-alhikam.ac.id/berita-pendaftaran-mahasiswa-baru.html

 

Kapankah batasan umur anak yang dianjurkan untuk puasa. Dalam hal ini para ulama' berbeda pendapat, kita lihat dalam kitab yang sama

 

 واختلف أصحاب الشافعي في تحديد السن التي يؤمر الصبي عندها بالصيام، فقيل: سبع سنين، وقيل: عشر، وبه قال أحمد. وقيل: اثنتا عشرة سنة، وبه قال إسحاق ... والمشهور عن المالكية أن الصوم لا يشرع في حق الصبيان. 

 

Ulama' Syafi'iyah berbeda pendangan batasan umur anak yang dianjurkan untuk puasa yautu dikatakan umur tujuh tahun, adapula yang mengatakan sepuluh tahun menurut Imam Ahmad, adapula umur dua belas menurut Imam Ishaq...dan pendapat masyhur dari madzhab Malikiyah tidak dianjurkan puasa bagi anak kecil

 

Kesimpulan. Kita anjurkan anak kita mulai umur tujuh tahun untuk berpuasa dan pahala kembali pada orang tua atau walinya. Saat sampai umur sepuluh tahun lebih ditekan lagi untuk puasa apalagi sudah umur dua belas tahun, bisa jadi belum baligh tapi saat umur dua belas tahun secara fisik sudah sangat kuat. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Wallahu A'lam


Tulis Komentar

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook Anda