KEUTAMAAN BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANGTUA

By admin 16 Apr 2021, 15:50:29 WIB Artikel Dosen
KEUTAMAAN BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANGTUA

Ngaji Ramadhan 6:

KEUTAMAAN BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANGTUA

Oleh Zaedun Na’im, M.Pd.I

Kaprodi MPI STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang

Tema ini penting kita pahami sebagai bentuk kepedulian dan kewajiban kita berbakti kepada kedua orangtua, mengingat kedua orangtua adalah orang yang sangat berjasa dalam kehidupan kita di muka bumi ini. Dan sebesar apapun pemberian atau balasan kita kepada kedua orang tua baik berupa fisik maupun non fisik, tidak akan mampu membalasnya karena sangat besar jasa kedua orangtua atas apa yang telah mereka berikan kepada kita semua. Jasa kedua orangtua diantaranya adalah orang yang telah merawat kita sejak kecil dan tanpa lelah terus membimbing kita semuanya, sehingga kita tumbuh menjadi orang   dewasa.  Kita akan bisa merasakan bagaimana jerih payah sebagai sosok orangtua, jika kita sudah berkeluarga dan memiliki putra atau putri, sehingga ini menjadi penting bagi kita untuk selalu bersyukur dan selalu berbakti kepada kedua orangtua dalam kondisi apapun.

 

Segala aktivitas kegiatan dalam kehidupan sehari-hari jika kita mendapat ridla kedua orang tua, maka Allah SWT akan meridlai pula. Sebagaimana hadits:

رِضَا الله في رضا الْوَالِدَيْنِ, وَسَخَطُ الله فِي سَخَطِ الْوَلِدَيْنِ

“Ridha Allah ada pada ridha kedua orang tua dan kemurkaan Allah ada pada kemurkaan kedua orang tua” (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban, Hakim)

 

Hadits diatas menunjukkan betapa urgen posisi kedua orangtua dalam memberikan ridlo kepada anaknya atau dalam Bahasa jawa legowo, sehingga jika tindakan atau aktivitas kita dalam mencari rezeki di muka bumi ini diridhai kedua orangtua, maka Allah akan mempermudah segala aktivitas atau kegiatan kita semuanya, dan sebaliknya jika kedua orangtua  murka atau tidak ridha, maka kita akan mengalami banyak kesulitan, karena Allah murka terhadap apa yang kita lakukan disebabkan murkanya kedua orangtua. Oleh karenanya hal ini jangan dianggap remeh namun sebagai peringatan bagi kita semua untuk selalu ingat akan jasa kedua orangtua dan tidak lupa mendoakannya.

 

Dalam bulan suci Ramdhan ini menjadi moment penting untuk kita bisa berkumpul bersama-sama dengan kedua orangtua, dan alangkah bahagianya kita di bulan suci Ramadhan bisa berkumpul bersama dengan mereka. Oleh karenanya di bulan suci ramadhan ini pula kita bisa meningkatkan bakti kita kepada kedua orangtua dengan cara membahagiakan mereka dan tidak malah membuat marah atau jengkel mereka. 

 

Mungkin banyak diantara kita menganggap kesuksesan suatu pekerjaan atau usaha kita tidak ada hubungannya dengan jasa kedua orangtua, padahal itu semua sangat erat kaitannya, karena ketika kita masih kecil kedua orangtualah yang mengarahkan dan membimbing kita dalam menempuh jenjang pendidikan, belum lagi ketika ada kesulitan-kesulitan dalam hal tugas sekolah kedua orangtua lah yang sangat banyak membantu dan selalu membimbing kita. Oleh karena itu sangat fatal jika seseorang menganggap dirinya sukses namun melupakan jasa kedua orang tua dan lebih fatal lagi dia tidak berbakti kepada kedua orangtua, hal ini sangat amat disesalkan

Hal tersebut sudah di singgung di dalam kitab akhlaqul lil banin yang dijelaskan bagaimana kita sebagai seorang anak harus beradab atau tata karma kepada kedua orangtua, baik kepada ibu maupun kepada bapak. Nasehat di dalam kitab tersebut dijelaskan bahwa:

Pertama, harus mengikuti atau nurut apa yang diperintahkan oleh kedua orangtua dan mendengarkan nasehatnya. kedua, menghindari sesuatu yang membuat hati kedua orangtua sakit. ketiga, selalu mencari ridho kedua orangtua.

Semoga bermanfaat, aamiin

 

 DAFTAR DAN KULIAH S2 GRATIS KLIK DISINI

 

 Klik disini Follow Akun Instagram kami dan dapatkan buku

 

AKSES JUGA YOUTUBE CHANEL KAMI KLIK DISINI


Tulis Komentar

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook Anda