Hari Raya

By admin 11 May 2021, 22:50:32 WIB Artikel Dosen
Hari Raya

Ngaji Ramadhan 30:

Hari Raya

Dr. Rahmatullah, M.Pd.I.

(Direktur Pascasarjana STAIMA Al-Hikam Malang)

 

Alhamdulillahi rabbil alamin, puji syukur patut kita panjatkan kepada Allah SWT. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, aamiin.

Alhamdulillah, artikel ini merupakan tulisan ke-30 yang artinya menjadi puncak akhir dalam program Ngaji Ramadhan yang dilaksanakan selama 30 hari berturut-turut secara istiqomah melalui website resmi Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang.

Melalui tulisan ini pula, Seluruh civitas akademika Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang ingin mengucapkan: Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya karim. Mohon Maaf Lahir Bathin dan Selamat merayakan hari kemenangan, hari raya idul fitri tahun 1442 H atau 2021 M.

 

Lebih lanjut, Merujuk dan dirangkum dari kitab al-Um karya Imam Syafi’i didapati beberap sub bab tentang hari raya Idul Fitri dan Idul Adha yang sangat penting diketahui oleh para pembaca, yakni:

Beribadah pada malam hari raya, Takbir di malam hari raya idul fitri secara keras atau lantang, Sunnah Mandi pada hari raya, Waktu berangkan ke tempat shalat, Makan sebelum shalat Idul fitri, Berhias pada hari raya, Menaiki kendaraan di hari raya, Pulang dan pergi dengan melalui dua jalan yang berbeda, Shalat sebelum dan sesudah shalat Id, Tidak ada adzan sebelum melakukan shalat id, Memulai shalat sebelum khutbah, Takbir dalam dua shalat Id, Mengangkat tangan saat takbir dua shalat id, Bacaan dalam dua shalat id, Amalan setelah membaca dalam dua shalat id, Berkhutbah dengan memegang tongkat, Pemisah antara dua khutbah, Takbir dalam khutbah dua shalat id, Mendengarkan khutbah dua hari raya, Terjadinya dua hari raya secara bersamaan, Orang yang harus menghadiri shalat hari raya, Takbir pada dua shalat id, Cara takbir.

 

Dari 23 sub bab tersebut, menjadi penting dicermati, bahwa hari raya menjadi pembahasan yang sangat penting dan mempunyai nilai ibadah yang sangat tinggi, oleh karenanya patut menjadi perhatian bagi kita semua. Pesan yang tertulis dalam kitab ini yang sangat penting dibaca adalah:

Telah sampai kepada kami bahwa do’a tidak tertolak pada lima malam, yaitu malam jum’at, malam idul adha, malam idul fitri, malam pertama dari bulan rajab, dan malam pertengahan bulan sya’ban.

 

Sebagai penutup, penulis ingin menyampaikan bahwa ngaji ramadhan dapat terus dinikmati dan dibaca oleh seluruh pembaca, baik yang sudah terbit tahun lalu (program ngaji ramadhan 2020) hingga pada program ngaji ramadhan tahun ini. Semoga program ini terus menjadi program unggulan yang dilaksanakan setiap tahun oleh pascasarjana STAIMA Al-Hikam Malang.

Izinkan kami sebagai direktur pascasarjana menutup secara resmi program ngaji ramadhan tahun 2021 ini dengan ucapan: alhamdulillahi rabbil alamin semoga Allah menerima seluruh amal ibadah kita dan semoga Allah mengampuni seluruh kesalahan dan kekhilafan kita. Semoga ilmu yang kita peroleh melalui program ngaji ramadhan ini bermanfaat dan barokah, aamiin.

 


Tulis Komentar

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook Anda