Al-Qadr (Kemuliaan)

By admin 01 May 2021, 21:47:22 WIB Artikel Dosen
Al-Qadr (Kemuliaan)

Ngaji Ramadhan 20

Al-Qadr (Kemuliaan)

Dr. Rahmatullah, M.Pd.I

 

Mengingat bulan puasa sudah memasuki hari kedua puluh, artinya saat ini kita sudah memasuki sepertiga bulan terakhir atau sepuluh hari terakhir. Penulis ingin mengangkat tentang surat al-qadr yang semoga kita mendapatkan malam lailatul qadr pada bulan Ramadhan tahun 2021 ini. Lailatul qadr memang menjadi salah satu yang paling ditunggu oleh umat muslim, mengingat keistimewaan-keistimewaan yang dimilikinya.

 

Surat pendek ini diturunkan di mekkah meskipun ada yang berpendapat turun di Madinah, sesudah surat Abasa, terdiri dari 5 ayat yang berbunyi:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

97:1

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ - ١

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar.

97:2

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ - ٢

Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

97:3

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ - ٣

Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.

97:4

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ - ٤

Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.

97:5

سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ ࣖ - ٥

Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

 

 

 DAFTAR DAN KULIAH S2 GRATIS KLIK DISINI

 

 

Merujuk kepada tafsir Annur, terdapat beberapa hal yang dapat kita ambil dari surat ini, diantaranya:

 

  KULIAH S1 STAIMA AL-HIKAM

  1. Surat ini menjelaskan tentang permulaan al-Qur’an diturunkan.
  2. Lailatul qadr memiliki nilai yang tinggi dan besar. Allah SWT menurunkan rahmat dan malaikatnya untuk mengembangkan ruhus salam (kedamaian, kesejahteraan) dan kerukunan antar muslimin.
  3. Surat al-qadr memiliki kaitan dengan surat al-alaq dimana pada surat al-Alaq memerintahkan Rasulullah SAW untuk membaca dan mengajarkan al-Qur’an sedangkan pada surat ini (al-qadr) Allah menjelaskan permulaan turunnya al-qur’an.
  4. Al-qur’an diturunkan pada malam ini dan kemudian diturunkan secara berangsur-angsur dalam waktu 23 tahun sesuai dengan kejadian-kejadian yang memerlukan petunjuk.
  5. Terdapat beberapa surat lain yang menunjukkan bahwa al-Qur’an diturunkan pada malam lailatul qadr, yakni surat al-Baqarah yang menyatakan al-Qur’an turun pada bulan Ramadhan. Surat al-Anfaal yang menunjukkan al-Qur’an diturunkan pada malam hari pada tanggal yang sama dengan pertemuan tentara Islam dan kafir pada perang badr. Surat ad-dukhan yang menyatakan bahwa al-Qur’an diturunkan pada malam penuh keberkahan.
  6. Pada ayat ke-2 menyatakan dengan tegas, tidak ada yang dapat mengetahui apa keutamaan lailatul qadr kecuali apa yang telah diterangkan oleh Allah SWT.
  7. Makna ayat ke-3 hanya menyatakan bahwa lailatul qadr lebih baik daripada malam yang lain dan bukan hanya lebih baik dari 1000 bulan saja, akan tetapi bahwa lailatul qadr lebih tinggi nilainya daripada hanya 1000 bulan karena malam ini al-qur’an yang mulia dan menjadi mukjizat sampai hari kiamat diturunkan.
  8. Malaikat Jibril dan malaikat-malaikat yang lain turun atas kehendak Allah.
  9. Malam dimana umat Islam harus bersyukur karena malam ini sangat berhubungan dengan para pemeluk agama Islam. Malam yang penuh dengan suasana kesejahteraan, keamanan, kebajikan, dan keberkahan.

 

Semoga kita dapat bertemu dengan malam lailatul qadr ini, minimal dengan terus niat belajar dan jihad fi sabilillah untuk menambah ilmu agama melalui program ngaji Ramadhan ini, aamiin.

 

   AKSES YOUTUBE CHANEL PASCASARJANA


Tulis Komentar

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook Anda