Kembali ke homepage

Profil Pascasarjana

Profil Pascasarjana

Urgensi penyelenggaraan Pascasarjana S2

Penyelenggaraan pasca sarjana STAI Mahad Aly Al-Hikam dipandang sangat penting di era milenial saat ini. Perubahan dan atau percepatan arus informasi dan globalisasi memicu perkembagan zaman yang tidak dapat dielakkan. Perubahan budaya dan sosial kemasyarakatan turut menjadi dampak perkembangan ilmu pengetahun sehingga lembaga pendidikan perlu merespon arus globalisasi ini dengan peningkatan pendidikan dan kompetensi mahasiswa.

Perubahan dan perkembangan serta tantangan globalisasi baik pada tingkat nasional, regional, dan internasional perlu diimbangi dengan perkembangan ilmu pengetahun khususnya dalam bidang keagamaan (dalam hal ini Islam). Islam sebagai agama rahmatan lil alamin perlu merespon perubahan, perkembangan, dan tantangan globalisasi tersebut. Melalui pendidikan agama Islam yang terus dikaji dan dikembangkan, maka diharapkan kajian-kajian tentang ilmu agama Islam turut berkembang dalam menjawab perubahan globalisasi tersebut.

Peningkatan kajian dan standarisasi ilmu-ilmu keislaman tidak hanya dapat dilakukan dengan penambahan alokasi waktu, akan tetapi yang lebih penting adalah penguatan-penguatan dan kemampuan metodologi dan pendekatan kajian keislamana. Oleh karenanya institusi pendidikan Islam dalam hal ini STAI Mahad Aly Al-Hikam akan mencetak sarjana yang profesional dan mampu menjadi pemimpin yang unggul dalam bidang garapannya.

Oleh karena beberapa hal tersebut di atas, maka peningkatan kompetensi lulusan dan guru pendidikan agama Islam untuk melanjutkan studi pada strata dua (S2) menjadi hal yang tidak dapat dielakkan. Program studi pasca sarjana strata dua ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif pendidikan dalam menjawab dan menyelesaikan problematika-problematika kemasyarakat baik pada lingkup nasional, regional, dan internasional.  Program studi pasca sarjana strata dua ini juga diharapkan mampu merespon dan menjawab permasalahan-permasalahan yang terjadi khususnya dalam bidang pendidikan.

Keunggulan keilmuan program studi

STAI Mahad Aly Al-Hikam yang sejak pertama berdiri sampai saat ini sudah melaksanakan dan konsen dalam bidang pendidikan khusunya pendidikan pesantren. Oleh karenanya pada penembangan selanjutnya STAI Mahad Aly Al-Hikam akan mendirikan program studi Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) dalam bidang pendidikan pesantren. Secara lebih spesifik program studi MPAI ini akan menjadikan pengembangan pendidikan pesantren dan kajian Islam pesantren sebagai mata kuliah unggulan. Pendidikan pesantren dan kajian Islam pesantren ini menjadi penting mengingat pertama, pondok pesantren menjadi salah satu alternatif pendidikan saat ini, kedua,  pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang sudah lama berdiri jauh sebelum pendidikan yang diterapkan oleh Belanda. Ketiga, pondok pesantren memiliki ciri khas kearifan lokal yang perlu terus dilestarikan dan dikembangkan.

Berangkat dari hal tersebut, program studi Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) dalam bidang pendidikan pesantren ini diharapkan mampu mencetak tenaga Magister Pendidikan Agama Islam yang dapat menjadi pendidik, dosen, peneliti, dan pemimpin khususnya dalam bidang pendidikan pesantren. Program studi MPAI ini diharapkan menjadi program studi unggulan dan rujukan baik nasional maupun internasional dalam bidang pendidikan pesantren.