MANAJEMEN WAKTU

By admin 21 Apr 2021, 20:18:07 WIB Artikel Dosen
MANAJEMEN WAKTU

Ngaji Ramadhan 10:

MANAJEMEN WAKTU

Oleh Zaedun Na’im, M.Pd.I

Kaprodi Manajemen Pendidikan Islam

STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang

Jika berbicara tentang manajemen, maka tidak lepas akan membahas dari fungsi manajemen itu sendiri yang umumnya kita kenal dengan istilah POAC yang terdiri dari planning, organizing, actuating dan controlling. Artinya manajemen itu kaitannya sangat kompleks yang dimulai dengan perencanaan, mengorganisasi, melaksanakan dan terakhir dengan controlling atau evaluasi, sehingga jika dihubungkan dengan pembahasan waktu, maka manajemen waktu itu erat hubungannya dengan dimensi POAC.

 

Di bulan suci Ramadhan ini sangat penting menerapkan manajemen waktu, mengingat bulan suci Ramadhan ini bulan yang penuh berkah sehingga amat disayangkan jika waktu bulan suci ramadhan ini tidak dioptimalkan untuk kegiatan ibadah, apalagi di bulan suci ini semua amalan kita akan dilipatkan gandakan oleh Allah SWT dari pada bulan-bulan lainnya. Sehingga bahasan ini tepat untuk mengkaji bagaimana mengelola waktu di bulan suci Ramadhan ini agar bisa optimal untuk kegiatan ibadah. Apalagi di bulan Ramadhan ini hanya relatif singkat 30 hari, sehingga jika tidak dimanfaatkan secara benar akan berlalu begitu saja tanpa menghasilkan kebermaknaan.

 

Waktu jika tidak dimanfaatkan secara maksimal, maka penyesalan itu yang akan menjadi tumpuan akhir seseorang. Berkenaan dengan pentingnya memanfaatkan waktu sebagaimana sudah dijelaskan dalam al-Qur’an surah al-Asr (1-3) sebagaimana berikut:

وَالۡعَصۡرِۙ اِنَّ الۡاِنۡسَانَ لَفِىۡ خُسۡرٍۙ اِلَّا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوۡا بِالۡحَقِّ ۙ وَتَوَاصَوۡا بِالصَّبۡرِ

artinya: Demi masa, sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

 

Ayat diatas sudah sangat jelas mempertegas bahwasanya jika waktu tidak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, maka orang itu akan merugi dan ujung-ujungnya adalah suatu penyesalan yang tidak berarti. sehingga apa saja yang perlu kita lakukan dengan menerapkan manajemen waktu pada bulan suci Ramadhan ini sebagaimana uraian berikut:

 

pertama, perencanaan. Apa saja rencana kegiatan ibadah yang hendak kita ingin lakukan, seperti setiap setelah sholat fardhu membaca al-Qur’an minimal 2 halaman sehingga 1 hari bisa memperoleh 1 juz dan satu bulan Ramadhan minimal bisa mengkhatamkan al-Qur’an, melakukan sholat malam, dan kegiatan ibadah lainnya.

 

kedua, mengorganisasi. bagimana cara agar rencana yang sudah dibuat bisa terlaksana melalui koordinasi yang baik, seperti suatu upaya meluangkan waktu untuk membaca al-Qur’an dalam sehari semalam sehingga target satu hari mendapat 1 juz bisa tercapai, sebelum melaksanakan sholat malam mungkin istirahat sejenak setelah shalat tarawih sehingga malam hari ketika bangun tidur mampu melaksanakan sholat malam dengan kondisi yang lebih fresh, dan lain sebagainya.

 

ketiga, pelaksanaan. Apa yang sudah direncanakan, benar-benar dilakukan tidak hanya sebatas rancangan, sehingga target capaian bisa berhasil.

 

keempat, controlling atau evaluasi. Jika sudah dilakukan apa yang menjadi rancangan kegiatan, bisa dilakukan koreksi atau evaluasi, sehingga apa yang masih belum optimal dalam pelaksanaannya bisa diperbaiki sehingga menjadi lebih baik lagi.

 

Dengan melaksanakan manajemen waktu di bulan suci ramadhan ini semoga kita senantiasa bisa benar-benar memanfaatkan moment baik ini untuk kegiatan ibadah secara optimal dan penuh kebermaknaan.

 

Semoga bermanfaat. amiin

 

 DAFTAR DAN KULIAH S2 GRATIS KLIK DISINI

 Klik disini Follow Akun Instagram kami dan dapatkan buku

 AKSES JUGA YOUTUBE CHANEL KAMI KLIK DISINI


Tulis Komentar

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook Anda